Semarak Kemerdekaan Desa Centini Gelar Karnaval Budaya

 

LAMONGAN,  Dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 Warga masyarakat Desa Centini Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan Jawa Timur mengadakan Karnaval Budaya Indonesia.

Warga Masyarakat Desa,  Pemuda, Karang Taruna, dan Anak anak semua antusias ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 dengan menggelar Karnaval Budaya Indonesia dengan mengusung tema, MELAJU  TERUS UNTUK INDONESIA MAJU. dengan tetap mengedepankan kebersamaan dan gotongroyong antar Warga Masyarakat  Sabtu 26/8/2023.

Di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Negara yang kaya ragam budaya mulai dari Ras, Suku, dan Agama, kegiatan Karnaval Budaya Indonesia ini sendiri adalah untuk menyatukan warga Masyarakat serta menunjukan dan mengajarkan bahwa BHINEKA TUNGGAL IKA, berbeda beda tetapi tetap satu, yang harus kita jaga sampai kapanpun jangan sampai punah, selain itu juga untuk mengajarkan Generasi muda kita menjadi bisa menghargai, tidak menjatuhkan antara suku satu dengan suku yang lain dan itu adalah tanggung jawab kita bersama sebagai Bangsa Indonesia, 

Dalam wawancara jurnalis Media Suara Gegana Indonesia (SGI). dengan Bapak Rofik Warga Masyarakat Desa Centini sebagai peserta  Karnaval yang juga Selaku Kades Centini mengatakan, kegiatan karnaval budaya Indonesia, dalam rangka Peringatan HUT RI yang ke 78 di samping sebagai hiburan.

ini sangat penting dan bermanfaat bagi kita sebagai penerus perjuangan bangsa. karena dengan adanya Karnaval budaya Indonesia yang setiap tahun kita laksanakan, kita bisa mengenal betapa banyaknya ragam budaya Indonesia kita yang perlu kita jaga demi kejayaan Negara Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk warga Masyarakat Desa Centini kami selaku pihak Pemerintah Desa  mengajak terus melestarikan budaya bangsa indonesia, karena dengan itu budaya kita tetap eksis dan agar budaya yang kita miliki tidak hilang atau tergerus oleh jaman atau di ambil bangsa lain.

Dari pantauan Media Suara Gegana Indonesia ini, pesertanya membudak mulai dari Bapak Kepala Desa, Perangkat Desa, Karang Taruna, warga Masyarakat, Guru Guru, Anak Anak, Tk--KB, semua mengenakan kostum adat ragam budaya Indonesia  dan di hibur dengan kesenian reog jatilan menghibur penonton sepanjang jalan, semua unjuk kebolehan memukau penonton.

Adapun rute yang di tempuh cukup jauh mulai dari  Start Balai Desa  dan Finis juga di Balai desa Centini dengan mengelilingi Dusun Dusun yang  yang masih berada di Wilayah Desa Centini, dan Warga Masyarakat hadir dengan memadati sepanjang jalan.

Dalam perbincangan media Suara Gegana Indonesia dengan warga Masyarakat  yang  hadir dan menonton, yang tidak mau di sebutkan namanya, senang sekali dengan acara Karnaval budaya Indonesia ini, banyak sekali yang di tampilkan, pakaian adat Jawa, adat Sumatra, adat  kalimantan, adat Sulawesi, adat Maluku  dan adat Irian Jaya. harapan saya mudah mudahan acara Karnaval budaya  Indonesia tetap diadakan  setiap tahunnya Amiin. (Elk).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال