SOSIALISASI PENINGKATAN DAN PENGUATAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KECAMATAN PUGER

foto. Kegiatan bakesbang di pendopo Wisnu Graha Tama Kecamatan Puger.

Jember|Timesatu.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jember menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peningkatan dan Penguatan Kerukunan Umat Beragama,di pendopo Wisnu Graha Kecamatan Puger dengan tema Peran Strategis Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Mengelola Keberagaman dan Kerukunan Bangsa Untuk Suksesnya Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Harmoni.

Kegiatan yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Kecamatan Puger ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 November 2023 dengan menghadirkan peserta antara lain dari Muspika, Tokoh Lintas Agama dan Tokoh Masyarakat di wilayah Kecamatan Puger, Kecamatan Gumukmas, Kecamatan Kencong, Kecamatan Balung, Kecamatan Wuluhan.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kabupaten Jember dilanjutkan sambutan-sambutan diantaranya sambutan dari Camat Puger.Heru Widagdo, SP., M, Si.  menyampaikan selamat datang di pendopo Kecamatan Puger serta ucapan terima kasih atas kehadiran pada undangan dan tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada Bakesbang dan Politik yang telah memilih Kecamatan Puger sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Camat Puger berharap dengan kegiatan ini kerukunan umat beragama dan antar umat beragama dapat terjaga utamanya di wilayah Kabupaten Jember agar tetap damai, tenteram serta tidak ada masalah tertentu sehingga pelaksanaan pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan damai.

Kepala Bakesbang dan Politik Drs,Sigit Akbari M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan sebagai upaya peningkatan dan penguatan dan peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jember agar semua mengambil peran dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah utamanya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilu 2024. Kita harapkan tokoh lintas agama khususnya yang hari ini hadir dapat memberikan informasi kepada umatnya masing-masing agar turut serta menjaga wilayah tetap kondusif.

Dr. Sigit Akbari menyampaikan persoalan utama di lapangan menyangkut potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG), oleh karenanya perlu difasilitas oleh camat untuk dibentuk forum kerukunan umat beragama tingkat kecamatan atau sebutan lainnya yang pada intinya forum-forum ini bertujuan turut serta menjaga situasi wilayah tetap kondusif.

Kepala Bakesbang dan Politik Kabupaten Jember ini berharap setiap camat dapat membentuk kelompok-kelompok/perkumpulan atau forum-forum yang memiliki visi bersama untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain Drs,Sigit Akbari M.Si Kepala Bakesbang dan Politik yang menyampaikan beberapa hal terkait Kebijakan Pemerintah Dalam Peningkatan dan Penguatan Kerukunan Umat Beragama Untuk Meningkatkan Toleransi Antar Umat Beragama. Selanjutnya pemateri unsur Kementerian Agama Kabupaten Jember yaitu Dr. H. Ahmad tholabi MHi yang menyampaikan materi Harmoni Negara dan Agama,negara butuh agama dan agama salah satu pijakan adalah Pancasila karena didalamnya merupakan sari patih persatuan  baik agama dan Keberagamaan Masyarakat yang taat, Cerdas dan Rukun Menuju Pemilu 2024 yang bermartabat, Aman, Damai dan Aman. Narasumber ketiga yaitu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jember Dr. KH. Abdul Muis Sonhaji, M.Ag yang menyampaikan beberapa poin terkait Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Menuju Pemilu Aman, Tertib dan Damai.

Point penting dalam kegiatan ini adalah bahwa Pemilu 2024 sudah semakin dekat, jaga kerukunan umat beragama maupun antar umat beragama agar pelaksanaan Pemilu 2024 sukses, aman, damai dan harmoni.


 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال